Posted by: theriefna | March 9, 2009

Menyiapkan Media Pembenihan Kuda Laut (Hippocampus Kuda)

1.    Menyiapakan Wadah Pembenihan

Persiapan wadah dilakukan pada saat kegiatan pembenihan mulai dilakukan. Hal ini harus dilakukan untuk mendukung kegiatan pembenihan agar dapat berjalan dengan sempurna. Persiapan wadah meliputi sanitasi bak, pemasangan aerasi dan pembuatan tempat bertengger.

a.    Sanitasi Bak pemeliharaan calon induk

Bak pemeliharaan terbuat dari semen yang pada bagian dasar dan dinding dilapisi oleh keramik berwarna biru muda, dengan ukuran panjang 3x1x1 m.  Bak ini berada di dalam ruangan tertutup, dimana pada bagian atapnya terbuat dari bahan transparan sehingga masih tertembus oleh cahaya matahari.  Sedangkan pada bagian bawah atap diberi plastik berwarna biru muda. Bak-bak tersebut selain digunakan untuk memelihara induk atau calon induk, juga berfungsi sebagai tempat perkawinan dan pemijahan.

Sanitasi bak bertujuan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang terdapat di media pembenihan. Kotoran-kotoran tersebut dapat berasal dari hasil penguraian bakteri, algea dan kotoran dari kuda laut itu sendiri. Pembersihan media dimulai dari penyiraman dengan larutan kaporit 100 mg/l yang dilarutkan di dalam air laut sebanyak 10 liter. Hal ini seperti yang dinyatakan oleh Kadek Ari W, dkk (2005) bak pemeliharaan beserta sarana pendukung sebelum dipergunakan terlebih dahulu disterilkan dengan kaporit 100–200 mg/l. Larutan kaporit tersebut sebarkan ke seluruh permukaan bak bagian dalam dan dibiarkan selama 30 menit. Pemberian larutan kaporit ini bertujuan untuk membunuh bakteri, algea dan sumber penyakit lainnya.

Setelah 30 menit, bak tersebut di bilas kemudian disikat menggunakan sikat plastik ke semua sisi bak hingga kotoran-kotoran yang melekat pada dinding bak hilang. Setelah bak dibersihkan maka bak tersebut dibilas dengan menggunakan air tawar dan kemudian setelah bersih dibilas kembali dengan air tawar yang bertujuan untuk memastikan bahwa media tersebut benar-benar bersih dan steril. Selain pembersihan bak juga dilakukan pembersihan selang aerasi sisa siklus sebelumnya. Cara pembersihannya sama dengan pembersihan bak.

 

     Bak pemeliharaan induk                                Sanitasi bak

b.    Pemasangan Aerasi

Setelah bak dibersihkan maka langkah selanjutnya adalah pemasangan aerasi. Pemasangan aerasi bertujuan untuk mensuplai oksigen terlarut di dalam air. Aerasi ini sangat penting karena kuda laut membutuhkan oksigen yang cukup banyak untuk melakukan proses respirasi. Minimal kandungan oksigen terlarut di dalam air adalah 5 mg/l, untuk itu diperlukan jumlah dan penempatan aerasi yang tepat.

Sumber oksigen dapat berasal dari pompa hi-blow untuk menyediakan oksigen bagi seluruh unit pembenihan kuda laut. Pemasangan aerasi disesuaikan dengan ukuran media pemeliharaan, umur kuda laut (juwana atau induk) dan padat penebaran dalam satu media pemeliharaan. Untuk bak dengan ukuran 3 x 1 x 1, aerasi dapat ditempatkan sebanyak 6 titik, sedangkan untuk bak bulat ukuran 3m2 aerasi dapat di tempatkan sebanyak 4 titik. Untuk lebih jelas mengenai penempatan titik aerasi dapat dilihat pada gambar  berikut ini :

 

Titik aerasi pada bak persegi dan bak bulat

 

Dalam pemasangan aerasi, batu aerasi di beri pemberat agar tidak berpindah tempat dan di ujung sumber oksigen dipasang kran untuk mengatur besar kecilnya udara yang dikeluarkan batu aerasi. Dalam meletakkan batu aerasi diusahakan untuk tidak menyentuh dasar bak untuk mencegah pengadukan kotoran di dasar bak. Letak batu aerasi minimal 10 cm dari dasar media tersebut. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar berikut :


 Jarak antara batu aerasi dengan dasar bak

 

c.     Pembuatan Tempat Bertengger

Dalam pemeliharaannya, Kuda Laut memerlukan tempat bertengger (shelter) untuk melilitkan ekor pada waktu istirahat.  Tempat bertenger terbuat dari potongan bambu yang telah dibersihkan dan bahan dari plastik, dapat juga menggunakan batu karang atau rumput – rumput yang biasanya tumbuh pada batu – batu karang.  Untuk bahan yang berasal dari bambu diberi pemberat pada bagian tengah agar tempat bertengger (shelter) tetap seimbang dan tengelam.  Pemberat dapat berasal dari batu yang telah dibersihkan atau dibuat dari semen yang sebelumnya dicetak dengan mengunakan pipa paralon.

 

 

Shelter tempat bertenger Kuda Laut

 

2.    Menyiapkan air untuk pembenihan

Media pemeliharaan diisi dengan air laut melalui 2 kali penyaringan.  Penyaringan pertama menggunakan pressure sand filter dimana media filter berupa pasir kwarsa berdiameter 0,57 mm sedangkan penyaringan kedua dengan filter yang terdiri atas pasir dan arang dari tempurung kelapa.  Setelah melalui kedua tahap penyaringan tersebut air dimasukan dalam bak pemeliharaan dengan Ketinggian air dalam bak pemeliharaan 1 m.

 

Pressure sand filter

Filter penyaringan air

Advertisements
Posted by: theriefna | February 25, 2009

BUDIDAYA KUDA LAUT (Hippocampus kuda)

s3011494

Di Indonesia Kuda Laut dikenal dengan nama Tangkur Kuda yang secara genetis merupakan kerabat dekat Tangkur Buaya (ikan pipa). Disamping memiliki morfologi yang khas yaitu kepala menyerupai kepala Kuda, ikan jantan memiliki kantung pengeraman telur yang tidak dijumpai pada jenis ikan yang lain. Kantung pengeraman berfungsi untuk melindungi dan mengerami telur yang sudah dibuahi sampai menetas menjadi larva, serta terus melindunginya di dalam kantung pegeraman hingga siap dilahirkan menjadi juwana Kuda Laut. Daya tarik lain adalah posisi badannya yang tegak saat berenang, dan kemampuanya menyesuaikan warna tubuhnya dengan lingkungan sehingga membuat penampilanya semakin menarik saat dipajang di akuarium. Kuda Laut dapat dimanfaatkan sebagai ikan hias dalam keadaan hidup, sedangkan untuk obat-obatan dan souvenir dijual dalam keadaan kering. Kuda Laut kering dapat dijadikan sebagai bahan obat seperti asma, kulit, meningkatkan keperkasaan bagi kaum pria serta bahan membuat kosmetik. 

 

 

 

Posted by: theriefna | January 20, 2009

aQ Kini …

Hello …edit-4-copy1

semuanya, kini aQ masih mencari  jati diri ku yang sebenarnya. untuk itu aQ ingin berbagi dengan kamu-kamu, mengenai apa saja. aQ siap menjadi teman curhat kalian, mendengarkan keluh kesah, duka suka, yang penting Qta saling mengoreksi.

Bagi kamu-kamu yang mu bergabung dengan aQ, silakan hubungi 081331016551.

masalah jangan ditanggung sendiri, BERAT. Sesuai dengan pepatah “ringan sama dijinjing berat sama dipikul”. so…. buruan mumpung masih promo terbaru… GRETONGAN loh…. Klo ga Sekarang KAPAN LaGi…..!!!!!!!

Posted by: theriefna | January 19, 2009

Puisi untuk Mama… (alm.)

hasil-5

Setiap orang pasti memiliki kenangan terindah, dan kenangan terpahit. aQ bersyukur karna memiliki keluarga yang sangat menyayangi aQ. Walaupun sekarang seseorang yang telah melahirkan aQ, mengasuh dan membesarkan aQ dengan penuh kasih sayangnya telah pergi… sangat jauh, tak bisa kugapai… tak bisa kuraih… dan tak akan pernah bisa kembali… MAMA… aQ rindu engkau, malam ini aQ persembahkan puisi untukmu…

MAMA…
HARI INI KU SANGAT
MERINDUKAN MU
ENTAH KENAPA KU
SLALU INGAT DENGAN MU

MAMA…
BERILAH AKU PENAWAR RINDU
PADA BATIN KU INI
KARNA RASA RINDU
SUDAH TAK TERTAHAN LAGI

MAMA…
KAPAN KAH KAU HADIR
DALAM MIMPIKU…?
PERTANYAAN YANG TAK KAN
PERNAH TERJAWAB
SAMPAI KAPAN PUN

MAMA…
BAHAGIALAH DI ALAM NIRWANA
DARI KU DO’A KAN
KARNA DO’A KU SLALU TUK MU
KARNA KU SANGAT SAYANG
PADA MU MAMA.

Read More…

Posted by: theriefna | January 15, 2009

Kata-kata Bijak

— Jangan putus asa , tidak semua orang menilai manusia dari fisiknya
.. DONT JUDGE THE BOOK BY THE COVER .. (Jangan menghukum buku karena
dia meninggalkan koper).

 

— Jangan salahkan diri anda kalau anda jelek, salahkanlah orangtua
anda, karena jelek itu keturunan .. LIKE FATHER LIKE SON (Suka
bapaknya, suka juga sama anaknya).

— Perbaiki inner beauty anda, itu kalau anda merasa sisi luar anda
udah ancur ga ketolong lagi .. THE BEAUTY IS UNDER THE SKIN (Jadi cakep
kalo udah ganti kulit)

— Jgn sakit ati kalo dikatain jelek,cuek aja, pokoknya kafilah
m’gonggong [censored] tetap berlalu .. NO GAIN WITHOUT PAIN (Ga dapet
duit kalo ngga kesakitan dulu…kaya kuda lumping).

— Jadilah diri anda anda sendiri, kalau anda jelek syukurilah
kejelekan anda .. JUST BEE YOURSELF (Kesengat tawon, itulah kamu (muka
kamu)).

— Kalau orang lain menilai anda jelek, jangan skeptis, penilaian
manusia tidak selalu benar … THE TRUTH IS OUT THERE (Yang bener boleh
keluar).

— Cakep-jelek itu tergantung lingkungan, misalnya anda disini jelek
tapi di Afrika bisa paling ganteng .. THE RIGHT MAN IN THE WRONG PLACE
(Orang disebelah kanan, salah tempat, harusnya disebelah kiri).

— Cinta tidak memandang cakep atau jelek, gak percaya? Tanyakan hal
ini sama orang jelek .. LOVE IS BLIND (Pacarilah orang buta).

Posted by: theriefna | December 20, 2008

HUT RI ke-63 di PPPPTK Pertanian Cianjur

mas-arief-3Tidak terasa Negara ini telah berumur 63 tahun. Suatu usia yang dapat dikatakan telah matang dan dewasa. Ibarat manusia, Negara ini telah merasakan pahit manis, telah merasakan asam garamnya kehidupan. 63 tahun bukan usia muda lagi, suatu yang dapat dikatakan telah melewati ambang kedewasaan. Perayaan HUT RI kali ini menimbulkan berbagai makna, berbagai tanggapan bahkan berbagai persepsi serta harapan dari berbagai lapisan masyarakat, khususnya di lingkungan PPPPTK Pertanian Cianjur atau lebih dikenal Vedca.

Pada 17 Agustus 2008, PPPPTK Pertanian Cianjur merayakan HUT RI yang ke 63. Kegiatan ini sudah biasa dilakukan tiap tahunnya bahkan telah menjadi kewajiban.

Salah satu pelaksana upacara diserahkan kepada mahasiswa D4 PPPPTK Pertanian Cianjur Joint Program Politeknik Negeri Jember. Setiap petugas pelaksana upacara harus berlatih agar pelaksanaan upacara berjalan dengan lancar.

Posted by: theriefna | December 20, 2008

Kelahiran-ku

Rabu pagi itu gue pertama kali membuka mata dengan pala pusing. Rasanya sakit banget keluar dari perut ibu. Lebih sakit dari sakit hati. Ya iyalah keluarnya bukan dari lubang hati….?_?

images1Gue lalu meraba-raba badan gue sendiri (dan gue baru menyadari ternyata gue adalah seorang lelaki). Gue panas tinggi. Oh great …. sekarang gue ada di dunia… tepat 25 tahun yang silam, tanggal 22 mei… oh… semua orang memandang gue.

Gue berterimakasih banget sama alm. ibu Subadria dan bapak Sudiono yang rela punya anak cakep n lucu,, he..he.. Narsis.

Samsul Arifin itu nama gue. Bisa dipanggil Arief atau Ipin. Gue anak ke dua dari 4 bersaudara.

Setelah lulus kuliah D3 di Unsoed Purwokerto sekarang gue ngelanjutin di ITB, Bandung. Kesibukan sue saat ini buanyak banget, salah satunya ngitungin berapa sisik yang dimiliki oleh satu ikan… he..he.. SECARA gue ngambil jurusan perikanan gitoe..

Oia… gue belum bisa ceritain tentang cewe gue. Pokonya gue udah punya cewe yang sangat menyayangi gue. Meskipun gue jarang mengekspresikan perasaan gue. Soalnya cewe n cowo itu beda. Men are from mars and woman from venus. karena dari dua planet yang berbeda gue dan cewe gue saling mengerti.

thanks

Posted by: theriefna | December 20, 2008

Hello world!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

Categories